-->

Type something and hit enter

On
Hi Ladies, setelah anda membeli lensa mata kemudian belajar cara memakai softlens dan melepasnya sekarang yang paling penting dari itu semua adalah bagaimana cara merawat softlens dengan benar.

sering kali ditemukan lensamata adalah produk yang bisa dibilang sagat bagus tetapi kenapa cepat rusak atau ada beberapa kasus seseorang sudah memakai softlens dengan mengikuti petunjuk para ahli tapi tetap terkena dampak resiko dari softlens seperti iritasi dan lainya.

jawabanya adalah karena mereka tidak tahu bagaimana cara merawat softlens yang benar. jika anda tidak tahu bagaimana perawatan lensa kontak maka anda berada di tempat yang tepat karena artikel ini akan membantu anda.
Cara Merawat Softlens

Cara Merawat Softlens


sebenarnya untuk perawatan lensa mata mudah saja dan tidak sulit kok, apa sajakah itu? silakan baca tips berikut ini yang akan memperpanjang umur softlens sekaligus menjaga kesehatan mata anda.

#1. Jaga Tangan untuk Bersih Ketika Menyentuh softlens
tangan adalah sarang kotoran dan kuman yang cukup banyak pada tubuh manusia, jika anda langsung menyentuh softlens dengan kondisi tangan yang tidak steril di khawatirkan akan membawa resiko masalah di kemudian hari.

cucilah tangan menggunakan sabun antiseptic agar kotoran, debu, dan kuman bisa dihilangkan. Ingat! hindari untuk menggunakan sabun yang mengandung pelembab ya. biasanya pelembab terdapat pada sabun khusus untuk kecantikan.

#2. Selalu Bersihkan Softlens Setiap Habis di Pakai
menjaga softlens tetap bersih adalah cara merawat softlens selanjutnya yang tidak boleh anda lupakan. dengan membersihkan lensa kontak sebelum disimpan mengurangi kuman yang berkembang.

untuk cara membersihkanya adalah:
cara membersihkan softlens


  • pastikan tangan anda sudah bersih dan steril
  • letakan softlens di telapak tangan
  • kemudian tuangkan cairan solution yang di rekomendasikan 3 - 4 tetes di atasnya
  • setelah itu bersihkan softlens tersebut dengan cara menggosoknya menggunakan ujung jari selama 15 detik
  • bilas kembali menggunakan cairan khusus softlens/ solution
  • letakan softlens ke wadahnya dan tuangkan cairan khusus softlens hingga terendam.
#3: Bersihkan Wadah Softlens Secara Berkala
cairan yang untuk merendam softlens sebaiknya diganti setiap 1 bulan sekali jika softlens tersebut jarang dipakai dan hanya disimpan saja. ini gunanya untuk menghilangkan kuman yang berkembang biak.

Cara Membersihkan Wadah Softlens:
  • buanglah cairan khusus softlens
  • cuci wadah hingga bersih
  • simpan di tempat kering dan bersih
#4. Hindari Memiliki Kuku Panjang
jika anda sering kali memakai softlens sendiri maka sebaiknya hindari memiliki kuku yang panjang karena bisa merobek atau merusak permukaan sisi softlens. selain itu, biasanya kuku yang panjang sering kali menjadi tempat yang mudah untuk kuman hinggap.

#5. Gunakanlah Cairan Sebelum Tanggal Kadaluarsa
Penting! setiap produk pasti memiliki batas penggunaan, begitu juga dengan cairan solution. sebelum anda membeli cairan baru lihat tangggal kadaluarsanya dan jika anda memang sudah memiliki sisa cairan tersebut sebaiknya jangan digunakan jika sudah kadaluarsa.


#6. Ganti Wadah Softlens Setiap 3 Bulan Sekali
tips ini penting bagi anda yang memiliki softlens yang jarang dipakai dan hanya disimpan saja. wadah yang sudah lama biasanya mengalami penurunan daya tahan terhadap kuman. semakin lama akan semakin mudah dihinggapi kuman.

memperhatikan wadah penyimpanan softlens adalah cara merawat softlens yang menurut saya penting karena untuk menghindari bahaya softlens dan dampak yang ditimbulkanya. jadi, setidaknya gantilah setiap 3 bulan sekali.

#7. Pakai Make Up terlebih Dahulu Sebelum Memakai Softlens
selain untuk menjaga kesehatan mata yang mana setiap memakai kosmetik pasti tangan akan kotor terkena bedak atau semacamnya. hal ini juga menghindari debu atau sisa make up untuk menempel pada softlens.

bagaimana tips merawat softlens yang softlensa tulis diatas, mudah kan? selalu ingat ini penampilan memang penting tapi kesehatan juga tidak kalah penting untuk diperhatikan.
loading...

11 komentar

avatar

Saya kan pemula. Klw simpan softlens yg sudah dipakai. Trus udah dicuci. Tempat soflensnya harus ada air khususnya trus soflensnya disimpan atau tempat soflensnya kering tanpa air.

avatar

Kalau seandainya lupa nyuci softlens sehari, masih bisa di pakai gak?

avatar

Cara membedakan softlens depan belakang itu gmn?

avatar

Bgaimn jka memakai softlens ny terbalik? Kdng kita tdk tau mn yg depan dn blkang, krna wrna ny sama. Tidak ad bedany antra dpn dn blkng. Bgaimn?

avatar

Bgaimn jka memakai softlens ny terbalik? Kdng kita tdk tau mn yg depan dn blkang, krna wrna ny sama. Tidak ad bedany antra dpn dn blkng. Bgaimn?

avatar

Kak kalo misal nya tempat nya udh 3 bulan gitu ganti nya gimana beli baru atau bersih kan yah kak?respon pls kak

avatar

Kalo 2 hari gak di ksih air gmna bahaya ga?

avatar

Kan saya baru beli soflens tetapi lupa tidak beli cairannya kak...cairannya itu harus diganti sehari s3kali atau bagaimana kak

avatar

Bagaimana jika softlens kering karena lupa ngeganti air softlens.a apa masih bisa di pakai? Padahal saya beli belum 1 bulan.. Sudah 1 mingguan saya lupa ganti airnya, mohon penjelasan.a

avatar

Bagaimana jika softlens kering karena lupa ganti airnya? Padahal saya beli softlens belum 1 nyampe bulan.. Saya lupa cuci softlens.a udh 1 minggu

Click to comment