-->

Type something and hit enter

On
Bagi anda pengguna softlens pasti terkadang memiliki berbagai pertanyaan seputar penggunaan softlens. entah, itu dari pengalaman sendiri atau dari pengalaman orang lain.

tidak hanya itu, dari berbagai pertayaan tersebut setidaknya bisa menambah pengalaman anda jika seandainya anda memiliki masalah yang sama dikemudian hari.
Pertanyaan Seputar Softlens

Pertanyaan Seputar Softlens


kali ini softlensa telah merangkum berbagai pertanyaan atau keluhan yang dialami oleh pengguna softlens dari berbagai sumber, semoga pertanyaan yang kami tulis disini juga bisa bermanfaat bagi anda.

boleh tidak jika menaruh 2 softlens dalam tempat/ wadah yang sama?

jika untuk sementara diperbolehkan tapi alangkah baiknya jika dipisahkan untuk setiap softlens karena bisa mempengaruhi kualitas dari softlens itu sendiri, setiap softlens memiliki kondisinya sendiri seperti jika satunya yang baru saja dipakai pasti kondisinya kotor dan akan menular pada softlens yang tidak terpakai.

kenapa mata saya perih sehabis memakai softlens, padahal softlens yang saya gunakan adalah baru saya beli?

banyak faktor yang mempengaruhi kenapa bisa terjadi biasanya adalah karena ukuran diameter softlens yang terlalu besar di mata kamu atau bisa juga karena kadar air softlens yang digunakan. bagusnya, jika jenis mata kamu kering maka bagusnya gunakan softlens yang memiliki kadar air 45% kebawah.

softlens milik saya jatuh ketanah dan kotor apakah masih bisa digunakan kembali?

sebaiknya jangan digunakan kembali jika sudah terlalu kotor tapi jika masih mendingan kamu bisa ikuti cara ini. pertama, rendam softlens menggunakan air panas selama 3 jam kemudian rendam menggunakan cairan khusus softlens selama sehari sambil dicuci bersih.

saya sering memakai motor maka softlens perlu dilepas tidak?

jika anda sering naik motor softlens tidak perlu dilepas asalkan anda juga menggunakan kaca mata sebagai penangkal debu agar tidak mengotori softlens.

jika selesai memakai softlens, softlensnya harus di rendam memakai air yang ada di pack'nya atau beli air yang khusus buat rendam?

jika beli softlens pastikan juga membeli air khusus softlens. jadi jika sudah memakai softlens air bekas rendaman yang ada di Lenscasenya harus dibuang dan diganti dengan yang baru agar jika memakai softlens kembali lebih nyaman dan steril.

kenapa ya setiap saya habis menggunakan softlens mata terasa sakit ketika melihat cahaya?

bisa jadi karena softlens yang anda gunakan tidak cocok dan kadar airnya terlalu tinggi. sebaiknya teteskan air khusus softlens ketika menggunakan soflens. solusi yang bagus adalah gunakan softlens yang kadar airnya sedang jika mata anda kering.

saya punya softlens tapi wadahnya hilang, bisa tidak memakai wadah kecil apa saja?

menyimpan lensa mata jangan sembarangan dan harus memakai wadah khusus softlens yang sudah desain. karena untuk mencegah kuman berkembang biak.

softlens yang saya gunakan ada semacam debu gimana cara membersihkanya?

anda bisa merendam softlens tersebut menggunakan air khusus softlens selama 3 hari dan jika masih bandel bisa gunakan air panas untuk merendam.

berapa sih batas umur minimal yang diperbolehkan untuk memakai softlens?

sebenarnya minimal umur untuk memakai softlens adalah 9 tahun asalkan steril. tapi, mengingat anak-anak yang cenderung suka kotor-kotoran dan kurang memperhatikan kebersihan tangan sebaiknya jangan diperbolehkan. saran saya pakai softlens untuk anak berusia 14 tahun ke atas karena sudah lebih bisa menjaga kebersihan.

berapa sih ukuran kadar air softlens standar dan tinggi?

45% adalah ukuran kadar air standar dan jika lebih dari 75% adalah kadar air yang tinggi.

apakah peletakan softlens pada mata tidak bisa berubah, misalkan pertama softlens yang kanan maka harus digunakan untuk mata sebelah kanan terus saja?

jika sudah dibuka dari segel dan pernah digunakan, sebaiknya tetap patenkan penggunaan softlens. jika biasa digunakan disebelah kanan maka terus gunakan disebelah kanan dan begitu juga sebaliknya karena demi kenyamanan.

untuk merendam softlens menggunakan air panas yang panas banget atau anget-anget gitu?

gunakan wadah softlens untuk merendam dan gunakan air yang panas banget.

saya masih termasuk pemula dalam menggunakan softlens, cara perawatanya itu gimana sih?

jika anda bingung bisa baca artikel cara merawat softlens dengan benar yang sudah saya tulis disini.

air softlens yang botolan itu ada berlakunya tidak ya?

untuk botol yang ukuran 550 ml masa berlakunya 90 hari dan khusus untuk tetes mata masa berlakunya 60 hari.

saya punya softlens merk X apakah saya juga harus menggunakan air khusus softlens dan tetes mata merk X juga?

untuk air khusus softlens dan tetes mata tidak harus sama denan merk softlens yang digunakan.

saya baru memakai softlens beberapa hari yang lalu tapi mata saya kenapa berasa kotor gitu ya?

mungkin saja karena kadar air softlens yang anda gunakan tidak sesuai atau bisa juga karena softlens yang anda gunakan terkena debu.

itulah beberapa pertanyaan mengenai softlens/ lensa mata yang telah softlensa kumpulkan dari berbagai sumber semoga bermanfaat untuk anda ya.
loading...

35 komentar

avatar

Saya baru punya softlens dan ternyata tempat saya taruh softlens bocor pas saya buka softlens kering, apa masih bisa dipakai?

avatar

Saya baru punya softlens dan ternyata tempat saya taruh softlens bocor pas saya buka softlens kering, apa masih bisa dipakai?

avatar

Waktu iku aku beli soflen sama cairan tertentu, nah kalo cairannya abis terus ganti cairan lagi boleh nggak? Tapi beda cairannya ?!

avatar

Soflen jika ditinggalkan sampai kering apa bisa di pakai kembali..?

avatar

Saya punya soflens yang sudah kering, apa masih bisa dipake?

avatar

Softlens yg saya beli ternyata sudah kadaluarsa, tapi belum di buka segel nya, kadaluarsanya sudah 2 tahun yang lalu, tapi airnya masih ada, apakah aman untuk dipakai? / Bisa kah dipakai?

avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar

Asalkan bersih,atau dibersihkan dulu.

avatar

Saya pernah,asalkan ukurannya tidak berubah saya rendam dulu air panas lalu ganti jadi cairan soflent.

avatar

sebaiknya jangan dipake lagi kak,,masa pemakaian softlens setelah di buka pun harus diperhatikan,grosir softlens di zeevistore di instagram nyaman2

avatar

Aku punya softlens. Belum di buka segel nya. Tp aku belinya udh mau hampir setahun. Tp kadaluarsa softlensnya itu 2020. Kira2 masi bisa di pake gak yak?

avatar

kalau cairannya lewat dari 90 hari tpi msh tetap d pake,. bahaya gk y?
softlens nya cuma sekali d pake udh itu gk pernah d pake sampe sekarang..air yg d wadah kotak softlens nya juga jarang d ganti?
ad efek nya gk nnti kalau sewaktu waktu mw d pake lagi?

avatar

Saya mau nanya, air softlens saya ketinggalan di rumah sodara. Selain air khusus buat softlens, air apa yg cocok dan aman buat ngerendem softlens nya sampe pagi ya?

avatar

bentuk softlense kan cekung gitu, trus pas bersihinya kebalik, trus gk keliatan mana belakan mana depan, itu nolh gk dipake klo misalnya kebalik gitu

avatar

Cara membedakan cairan softlens palsu dan asli itu gimana ya?

avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar

Permisi,numpang tanya,saya punya 2 softlens masa berlakunya 6 bulan, tp yg satu belom pernah kepake itu udah masuk exp belom?

avatar

Bahaya ga sih klo pake softlense yg sebeluknya di simpan dalam kulkas ?

avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar

Kak, kalau misalnya soflen yang dipakai dimata itu ga ngikutin gerak bola mata, tandanya apa yah? :)

avatar

Kak mau tanya aku beberapa kali beli softlen akhir2 ini di pakek sekali gpp gak perih keesokan hari nya perih dan temen ku juga gitu beli barengan ma temen aku dia Alamin hal sama kaya aku ,apa ya penyebab nya ada yg ngalamin gak ? Exp nya masih lama sih

avatar

Saya punya softlens sudah di pakai satu kali dan tdk pernah d pakai lagi, dan dismpan lg ke wadahnya tp tdk pernah ganti cairan, expairednya tahun 2020, apakah itu bisa di pakai lagi?

avatar

Ka kalo cairan soflen lebih dari 6bulan gmna?

avatar

Pemakainya sudah benar, kalo.. Kalo softlens ikut bergerak waktu bola mata bergerak artinya, softlens nya kebalik

avatar

Cairan di softlens itu harus diganti setiap harinya meskipun softlens tidak di gunakan. Softlens dan carian hanya tergantung jenis softlens yg kita pakai ada yang untuk 3 bulan / 6 bulan. Ex tahun 2020 itu selama segel belum di buka.kalo sudah di buka biasa nya hanya bertahan 3 bulan saja

avatar

Ka saya mo tanya apakah boleh memakai soflens yg belum d buka/masih tersegel ttapi membelinya udah lama?

avatar

Ka aku mau tanya nih. Aku punya softlens, biasanya aku pake cairan A tapi karena cairan yg biasa abis terus ada cairan B aku pake lah cairan B tapi ga cocok ga nyaman dipake perih. Nah aku beli lagi cairan A yg biasa aku pake udah ku rendem, dicuci pake cairan A. Tapi kok masih aja perih ya ka? Atau sudah terkontaminasi dengan cairan yg Biasa tadi? Apa harus ganti softlens ka? Mohon dijawab ya ka

avatar

Mau tanya, kalau softlens yang baru di beli Boleh langsung dipake atau harus pake cairannya dlu ya?

avatar

boleh tanya.. aku beli softlens bulan juni kemarin dan udh pake kira2 7kali.. aku biasa cuci tiap 3hari sekali.. tapi bulan ini udah 3minggu gk dicuci.. tapi cairan rendamannya gk kering.. itu softlensnya masih bisa d pake gk ya?

avatar

Mau tanya kalo softlens sebulan di rendam dengan air aqua sampe kering, trus di rendam pake cairan nya selama seminggu.. Apakah bisa di gunakan lagi atau jangan.. Mohon jawab

avatar

Kalau lupa ganti udah semingguan gimana? Diberishin lagi gitu, masih bisakah dipakai?

avatar

Aku suka lupa kok ngeganti air rendaman softlens, pernah sampai seminggu. Saranku sebelum dipakai dibersihkan lagi softlensnya dengan air baru. Kalau dirasa perih setelah dipakai, maka segera dilepas. Itu tandanya ada bakteri yang masuk, buang saja meski sayang.

avatar

Setahuku kondisi darurat saat kita kehabisan air softlens, satu satunya cara ya gak direndam. Besoknya segera beli air softlens untuk direndam. Karena air apapun gak bagus untuk softlens sekalipun air panas atau air mineral bahkan tetes mata (biasanya botolnya kecil) untuk ngerendam. Pengalamanku ngerendam pakai air tetes mata dan air besoknya gabisa digunain, pedih.

Click to comment