-->

Type something and hit enter

On
Anda suka memakai softlens atau lensa mata hampir setiap hari? sudahkah anda tahu bahaya memakai softlens dan akibat yang bisa di timbulkanya?

jika belum tahu anda berada di artikel yang tepat karena softlensa.com akan memberikan informasi mengenai softlens secara lebih transparan dan lengkap. untuk itu jangan lupa untuk bookmark situs ini ke dalam browser anda agar anda tidak ketinggalan informasi tentang lensa kontak yang lebih Up to Date.
Bahaya Softlens dan Akibat Memakai Softlens

Bahaya Memakai Softles


Okay, Back to Topic. bagi anda yang ingin memiliki penampilan mata yang lebih indah dan lebih hemat memang cara yang paling mudah adalah dengan memakai softlens. tapi, sebaiknya anda pikirkan terlebih dahulu karena ada beberapa bahaya softlens yang bisa di timbul akibat terlalu sering memakai softlens seperti dibawah ini.

1. Penyakit Edema
penyakit edema

apa sih Edema itu? Edema adalah suatu penyakit yang terjadi karena mata kekurangan oksigen dan menjadi merah serta berair dan bahayanya edema juga bisa menyerang pembuluh mata anda lho.

ketika anda terkena penyakit ini maka penglihatan akan kabur ketika memakai softlens. jika anda dalam kondisi demikian hal terbaik yang harus anda lakukan adalah segera lepas softlens dan istirahatkan mata dalam jangka waktu tertentu dari pemakaian softlens.

penanganan pertama adalah dengan kompres mata anda dengan menggunakan air hangat dan penting sekali jangan menganggap enteng masalah ini karena jika dibiarkan bisa menyebabkan iritasi serta kebutaan.

edema bisa terjadi karena softlens yang kamu pakai tidak higienis atau tangan kamu tidak dicuci dengan bersih sebelum mengenakan lensa mata. jadi pastikan tetap jaga kebersihan ya.

2. Iritasi Mata
iritasi mata

jika anda memakai softlens untuk kegiatan sehari-hari penting untuk mengingat ini "jangan pernah melakukan kegiatan di tempat yang berdebu" kenapa? karena jika debu masuk ke mata akan menyebabkan iritasi mata yang membuat mata menjadi merah, berair dan biasanya disertai gatal.

sebenarnya jika anda terpaksa melakukan kegiatan di tempat yang berdebu bisa melepaskan softlens terlebih dahulu atau anda juga bisa memakai kacamata sebagai penangkal debu.

selain itu, merawat softlens dengan benar dan membiarkan softlens tetap basah dengan cairan khusus softlens juga jangan sampai terlupakan serta pastikan jangan sampai softlens menjadi kering sekalipun tidak kamu pakai.

3. Softlens Rusak dalam Mata
softlens rusak dalam mata

pernahkah kamu tetap memakai softlens ketika tidur? jika pernah sebaiknya jangan pernah di ulangi lagi ya. karena hal ini bisa berakibat fatal yaitu softlens yang kamu pakai bisa rusak dan lebih parahnya lagi bisa mengoyak kornea mata. hiiiii sereem!

jika kamu tidur pasti memejamkan mata dan ketika mata terpejam mata akan kekurangan oksigen serta mata bergerak-gerak. pada kondisi inilah yang di khawatirkan yaitu softlens bisa bergeser ke tempat sebagai mana mestinya.

dan jika pergeseranya parah bisa merobek mata lho, jika kamu membuka mata tentu saja softlens tidak berada di posisi sebagai mana mestinya dan tidak bisa di ambil dengan mudah kecuali dengan jalan operasi.

4. Infeksi Kornea
infeksi kornea

softlens yang sudah terlalu lama di simpan atau sudah terlalu sering kamu pakai pasti akan dihinggapi oleh berbagai macam kuman, virus, dan teman sebangsanya.

jika anda tetap memakai softlens yang sudah terkena virus atau kuman yang ditakutkan adalah bisa terjadi infeksi kornea. penyakit ini adalah yang paling ditakutkan oleh semua pengguna softlens karena bisa menyebabkan kebutaan permanen.

cara yang paling tepat adalah dengan tetap menjaga kebersihan softlens dan tangan kamu yang bersentuhan langsung dengan softlens serta wadah penyimpanan softlens yang berisi cairan softlens juga rutin dibersihkan dan ganti cairan softlens secara berkala ya.

semua bahaya softlens diatas memang sangat seram. tapi tenang saja sebenarnya ada beberapa cara untuk meminimalisir resiko di atas kok yaitu dengan beberapa tips dibawah ini

  • cucilah tangan sebelum bersentuhan dengan softlens
  • selalu lepas softlens ketika hendak tidur
  • pilih merk softlens yang bagus dan aman
  • temui dokter/ ahli mata agar mendapatkan rekomendasi softlens yang sesuai dengan anda
  • bersihkan softlens/ lensa mata secara rutin dan berkala
  • simpan di tempat sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung
  • ganti wadah softlens minimal 3 bulan sekali
  • selalu gunakan cairan khusus softlens yang baru
  • periksa mata secara rutin ke dokter mata kepercayaan anda
itulah beberapa bahaya softlens dan akibat yang ditimbulkanya. dari 4 kategori di atas manakah yang pernah anda alami sepanjang memakai softlens?
loading...

4 komentar

avatar

Jadi ngeri min memakai softlensnya😂

avatar

Ngeri jug, asal gak setiap hri make kyk nya aman ea,,,

avatar

Mencegah itu lebih baik karena mata itu sensitip beda dengan paca indra lainnya

avatar

Subhanalloh..terlihat sepele memakainya tp berakibat sangat buruk. Sebelum menyesal lebih baik pikir2 dahulu

Click to comment